Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Teknik Mesin Lebih Dekat

Pengertian Teknik Mesin

Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Pada abad ke-18, setelah terjadinya revolusi industri di Eropa, Teknik Mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu dan semakin berkembang seiring pesatnya perkembangan ilmu fisika pada abad ke-19.

Ilmu ini terdiri dari sejumlah cabang ilmu, yakni mekanika, teknik material, kinematika, termodinamika, dan energi. Secara umum, Teknik Mesin terdiri dari Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi Energi, dan Metalurgi.

Program studi Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang paling banyak ditawarkan oleh perguruan tinggi di seluruh dunia. Selama kuliah, kemampuanmu dalam merancang mesin diasah sehingga mampu menghasilkan mesin yang efektif dan efisien. Tak hanya itu saja, kamu pun akan belajar bagaimana cara menggambar teknik, membuat modeling, simulasi, hingga membuat prototipe mesin. Ilmu ini akan menjadi bekalmu untuk bersaing di dunia kerja.

Rata-rata, seorang mahasiswa membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 tahun untuk menyelesaikan pendidikannya. Jika kamu berhasil lulus, kamu akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Teknik.

Gaji Lulusan Teknik Mesin

Bukan rahasia lagi kalau gaji di bidang teknik sangat menggiurkan, termasuk Teknik Mesin. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik program studi Teknik Mesin. Maklum saja, sebagian besar calon mahasiswa akan mempertimbangkan masalah gaji sebelum memutuskan jurusan yang hendak dipilih.

Rata-rata gaji yang ditawarkan perusahaan pada lulusan baru Teknik Mesin berkisar antara 3 sampai 6 juta rupiah per bulan. Jika kamu memiliki kemampuan yang luar biasa dan berpengalaman, gaji yang kamu dapatkan jauh lebih tinggi. Bahkan dapat mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Faktor yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Teknik Mesin

Kendati program studi Teknik Mesin menawarkan gaji tinggi, alangkah bijaknya jika dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya mempertimbangkan satu faktor saja. Ada sejumlah faktor lain yang tak kalah penting dijadikan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko salah jurusan yang menjadi masalah klasik mahasiswa baru.

Adapun sejumlah faktor yang wajib kamu jadikan bahan pertimbangan, di antaranya:

Passion

Tentu kamu sudah tidak asing dengan kata passion, bukan? Passion adalah gairah, hasrat, sesuatu yang tidak pernah membuatmu merasa bosan, meskipun melakukannya berkali-kali. Jika kamu memiliki passiondalam bidang Teknik Mesin, maka kamu akan memiliki ketertarikan kuat untuk mempelajari seluk beluk permesinan tanpa paksaan. Kamu tidak akan mudah bosan atau merasa tertekan ketika menghadapi materi yang sulit. Sebaliknya, kamu justru akan tertantang.

Motivasi

Motivasi artinya kamu tidak hanya memiliki keinginan kuat, melainkan juga mengetahui apa yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin menciptakan mobil ramah lingkungan, merancang pesawat tempur, atau ingin menjadi seorang mekanik kelas dunia, seperti Alex Briggs. Dengan adanya motivasi, kamu akan lebih nyaman menjalani aktivitas sebagai mahasiswa Teknik Mesin. Kamu pun tidak akan berhenti di tengah jalan saat mengalami kesulitan.

Potensi

Gali potensi yang kamu miliki. Cara ini dapat membantu kamu menentukan jurusan kuliah dengan tepat. Jika potensimu mengarah ke hal-hal berbau mesin atau otomotif, kamu dapat mempertimbangkan program studi Teknik Mesin sebagai pilihan.

Kepribadian

Tahukah kamu bahwa kepribadian pun dapat dijadikan tolak ukur memilih jurusan kuliah? Terdapat enam kelompok kepribadian, yakni realistis, pemikir, penolong, terorganisir, menguasai orang lain, dan berjiwa seni. Jika kamu termasuk orang yang terorganisir, program studi Teknik Mesin cocok dijadikan pilihan.

Peluang Masa Depan

Tak dapat dimungkiri bahwa pemilihan jurusan kuliah pun dipengaruhi oleh peluang di masa depan. Hal yang wajar, mengingat setiap orang ingin memiliki karir sesuai dengan ilmu yang dipelajari semasa kuliah.

Salah satu jurusan yang menawarkan banyak peluang adalah Teknik Mesin. Jurusan ini sangat menjanjikan karena banyak perusahaan yang membutuhkan ahli mesin. Dengan kualifikasi yang kamu miliki, kamu tidak akan kesulitan menapaki dunia kerja.

Bagaimana Prospek Kerja Program Studi Teknik Mesin?

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan Teknik Mesin memiliki peluang kerja yang sangat luas. Kamu tak perlu khawatir mencari pekerjaan selepas lulus kuliah. Bahkan, tak sedikit jebolan Teknik Mesin yang langsung bekerja setelah lulus. Umumnya, tawaran pekerjaan ini datang pada mahasiswa yang dianggap berprestasi semasa kuliah.

Agar lebih jelas, simak prospek kerja program studi Teknik Mesin berikut ini.

Perusahaan dan Industri

Sebagian besar perusahaan membutuhkan seorang engineer teknik mesin yang bertugas untuk mengendalikan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi sekaligus memantau jalannya mesin.

Perusahaan yang membuka peluang bagi engineer teknik mesin untuk berkarir, meliputi perusahaan alat dapur, perusahaan energi, perusahaan alat dapur, industri proses, industri transportasi, dan industri otomotif.

Pertambangan

Industri pertambangan membutuhkan ahli mesin yang bertugas mengendalikan seluruh proses, mulai dari pengambilan hingga pengolahan bahan tambang. Terdapat cukup banyak perusahaan tambang baik nasional maupun internasional yang membuka peluang karir bagi lulusan Teknik Mesin.

Perminyakan

Ahli mesin dibutuhkan perusahaan perminyakan untuk menganalisa pipa dan komponennya. Seorang insiyur pemipaan harus bisa menyusun spesifikasi material pipa yang hendak digunakan serta memastikan pipa tersebut aman dan kuat.

Dosen

Lulusan Teknik Mesin pun dapat bekerja sebagai pengajar di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Peluang untuk menjadi dosen pun terbuka luas. Syaratnya, kamu harus menempuh dan menyelesaikan pendidikan S2 lebih dulu.

Wirausaha

Jika kamu termasuk orang yang tidak mau bekerja di bawah perintah orang lain, kamu dapat mendirikan usaha sendiri. Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat membuka industri perhotelan, jasa perbaikan mesin, membuka hotel, atau desainer mekanik.

Instansi Pemerintah

Peluang kerja di pemerintahan pun terbuka bagi lulusan Teknik Mesin. Departemen Pemerintahan Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi milik pemerintah, seperti IPTN dan BPPT seringkali membuka lowongan untuk Sarjana Teknik Mesin.

Developer

Lulusan Teknik Mesin pun berpeluang untuk bekerja di perusahaan pengembang alias developer, seperti perusahaan pengembang robot rumah tangga, pengembang mobil listrik, hingga produk futuristik lainnya.

Kontraktor

Tenaga ahli mesin sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan kontraktor menangani  konstruksi bangunan, terutama gedung bertingkat tinggi. Seorang ahli mesin akan memikul tanggung jawab proses instalasi AC, sirkulasi udara, hingga pemipaan. Tanpa bantuan lulusan Teknik Mesin, sebuah gedung tidak dapat ditempati.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Mengenal Teknik Mesin Lebih Dekat"

Berlangganan via Email