Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Teknik Sipil Lebih Dekat


Pengertian Teknik Sipil

Teknik Sipil adalah disiplin ilmu teknik yang paling lama dan meliputi banyak spesialisasi. Teknik Sipil bisa dijelaskan sebagai aplikasi dari teknik ke dalam komunitas Sipil.

Teknik Sipil mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas dalam hal perumahan, transportasi, sanitasi dan kebutuhan lain dalam komunitas modern. Teknik Sipil berhubungan dengan perancangan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan termasuk di dalamnya adalah jalan, jembatan, kanal, bendungan dan bangunan serta tantangan lainnya seperti memburuknya infrastruktur, isu lingkungan yang kompleks, sistem transportasi yang sudah ketinggalan jaman dan bencana alam.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Cabang-cabang ilmu teknik sipil

Struktural

Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Geoteknik

Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.
Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

Hidrologi

Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.

Transportasi

Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

Informatika Teknik Sipil

Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dsb. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Sebagai rujukan, berikut mata kuliah jurusan Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Berikut daftar mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Teknik Sipil UGM :

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 1:

Pancasila
Kewarganegaraan
Fisika Dasar
Kimia Dasar
Matematika I
Pemrograman Komputer
Struktur Bangunan
Gambar Teknik
Pengantar Teknik Transportasi
Analisis Struktur Statis Tertentu I

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 2:

Agama
Statistika dan Probabilitas
Pengantar Geologi Teknik
Geomatika
Matematika II
Mekanika Fluida
Ilmu Lingkungan
Teknik Lalu Lintas
Analisis Struktur Statis Tertentu II

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 3:

Matematika Teknik
Ekonomi Teknik
Hidrologi
Hidaraulika Saluran Terbuka
Mekanika Tanah I
Pengantar Perencanaan Transportasi
Perancangan Geomterik Jalan
Analisa Tegangan, Regangan dan Deformasi
Struktur Kayu dan Bambu
Teknologi Bahan Bangunan

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 4:

Manajemen Sumberdaya Air
Drainase dan Sanitasi Lingkungan
Mekanika Tanah II
Fondasi Dangkal
Jalan Rel
Perancangan Bahan Perkerasan
Analisis Struktur Statis Tak Tentu
Strutur Baja I
Struktur Beton Bertulang I
Teknologi Beton

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 5:

Pengetahuan Praktek Lapangan
Pengantar Teknik Pantai dan Lepas Pantai
Irigasi dan Bangunan Air
Teknik Penyehatan dan Lingkungan
Pemindahan Tanah Mekanis
Fondasi Dalam
Perancangan Perkerasan Jalan
Analisis Struktur Metode Matriks
Struktur Baja II
Struktur Beton Bertulang II

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 6:

Metodologi Penelitian, Teknik Penulisan dan Presentasi
Percangan Bangunan Teknik Sipil
Pelabihan
Teknik Sungau
Mekanika Batuan
Penyelidikan Lokasi
Bandar Udar
Manajemen Lalu Lintas
Analisa Dinamik Struktur dan Teknik Gempa
Pengantar Manajemen Konstruksi

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 7 (wajib):

Ujian Komprehensif

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 7 (pilihan):

Bahasa Asing
Hidrologi Terapan
Hidraulika Terapan
Aliran Air Tanah
Bangunan Tenaga Air
Teknik Penyediaan Air Minum
Manajemen dan Pengolahan Air Limbah
Perbaikan tanah
Metode Elemen Hingga
Struktur Jembatan
Perencanaan dan Penjadwalan Proyek
Topik Spesial

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 8 (wajib):

Ujian Komprehensif
Tugas Akhir

Mata Kuliah Teknik Sipil Semester 8 (pilihan):

Mitigasi Bencana Alam
Transpor Sedimen
Manajemen Kualitas Air
Pelaksanaan Perkerasan
Struktur Beton Bertulang III
Struktur Baja III
Metode Pelaksanaan Konstruksi
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Topik Spesial

Itulah daftar mata kuliah yang diajarkan oleh jurusan Sarjana (S-1) Teknik Sipil UGM. Untuk kampus lain mungkin ada perbedaan, tapi seharusnya tidak terlalu banyak. Pada beberapa kampus juga terdapat peminatan atau konsentrasi. Sebagai contoh, di Teknik Sipil UI terdapat 5 bidang peminatan yang bisa dipilih:

Struktur
Geoteknik
Transportasi
Manajemen Sumber Daya Air
Manajemen Konstruksi
Lingkungan

Prospek Kerja Teknik Sipil

Seorang sarjana Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:

Bidang Pembangunan Infrastruktur

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan. Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, Bapenas, Bapeda dll.

Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan

Berbagai perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, pengolahan seperti Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim dll. membutuhkan sarjana Teknik Sipil untuk menyediakan dan memelihara berbagai bangunan dan fasilitas produksi.

Bidang Pendidikan

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi/lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian.

Bidang lainnya

Para lulusan program studi Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan yang cukup bersaing untuk bekerja di berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan dan asuransi, atau berkarier di birokrasi pemerintahan atau bisnis di bidang-bidang lainnya.

Gaji Teknik Sipil

Pada umumnya, standar gaji teknik sipil fresh graduate atau baru lulus adalah sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta. Nominal tersebut terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan profesi kerja lain pada umumnya. Namun, nominal gaji yang bisa kita dapatkan kembali lagi tergantung pada perusahaan dan bidang yang dilamar. Sebagai contoh berikut gaji profesi bidang Teknik sipil

Manajer konstruksi

Sebagai manajer konstruksi kita ditunjuk untuk memberikan pengarahan dalam suatu proyek konstruksi. Itu sebabnya, pekerjaan ini sangat cocok untuk kita yang memiliki jiwa pemimpin yang tinggi. Dalam menjalani profesi ini, kita akan bekerja erat dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan lainnya. 

Proyek yang dikerjakan manajer konstruksi biasanya seputar tempat tinggal, bangunan komersil, industri, dan infrastruktur. Untuk menjadi manajer konstruksi, umumnya kita harus memiliki pengalaman di dunia teknik sipil setidaknya tiga tahun. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang menerima manajer konstruksi yang baru saja lulus kuliah. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp7 juta hingga Rp30 juta.

Surveyor 

Seorang surveyor memiliki tanggung jawab memastikan bahwa proyek pembangunan yang berjalan telah mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku. Berkecimpung dalam profesi ini kita harus mampu melakukan pemeriksaan atas seluruh rancangan bangunan secara detail, mulai dari struktur hingga fondasi bangunan tersebut.  

Selain itu, sebagai surveyor kita juga berkewajiban membantu mengurus dokumen perizinan atas suatu pembangunan. Tantangannya adalah ketika menemukan hal yang melanggar hukum, maka kita harus mampu mencari solusinya. Bidang pekerjaan teknik sipil yang satu ini juga terbuka untuk tingkat fresh graduate. 

Standar gaji surveyor: Rp3 juta hingga Rp6 juta.

Project manager 

Ranah tugas seorang project manager dalam teknik sipil terbilang cukup penting. Di mana kita diberi kuasa oleh direksi proyek untuk memimpin dan bertanggung jawab penuh atas seluruh proses pelaksanaan pembangunan yang berjalan di lapangan. 

Jadi, mulai dari bujet hingga potensi risiko atas pembangunan yang berlangsung, semua itu akan menjadi tanggung jawab seorang project manager. Itu sebabnya, untuk menjadi seorang project manager, dibutuhkan persyaratan pengalaman kerja sekurang-kurangnya lima tahun. 

Standar gaji project manager: Rp8 juta hingga Rp12 juta.

Kontraktor insinyur sipil

Kontraktor insinyur sipil bertugas merealisasikan rencana yang telah dibuat oleh konsultan konstruksi menjadi bangunan nyata. Seorang kontraktor insinyur sipil harus mampu mengatur sumber daya manusia dan sumber material yang ada di lapangan.  

Meski begitu, perlu diketahui bahwa ada juga proyek pembangunan yang tidak memiliki jasa konsultan. Untuk itu, kontraktor insinyur sipil harus siap membuat perencanaanya sendiri dan menerapkannya menjadi suatu bangunan. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp5,5 juta hingga ratusan juta rupiah. 

Quality control proyek bangunan

Quality control dalam proyek pembangunan berfungsi untuk melakukan pengawasan kualitas atas materi bangunan yang ada di lapangan. Sebagai quality control, kita berhak melakukan inspeksi bersamaan dengan jalannya suatu pembangunan. 

Selain itu, seorang quality control juga diperbolehkan mengeluarkan surat teguran yang ditujukan kepada kontraktor dan project manager apabila ada penyimpanan dalam pengadaan materi bangunan. Itu sebabnya, ketika memutuskan menjalankan profesi ini, kita harus mampu bersikap tegas, ya. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp10 juta hingga Rp25 juta. 

Konsultan perencana

Konsultan perencana bertugas untuk memberikan strategi perencanaan dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Sebagai konsultan, kita akan sering berkomunikasi dengan pihak kontraktor bangunan untuk mendiskusikan penyesuaian keadaan lapangan dan perhitungan struktur suatu konstruksi. 

Untuk bisa menjadi seorang konsultan perencana profesional, kita harus mulai sebagai asisten konsultan terlebih dahulu untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Umumnya, standar gaji konsultan perencana proyek  memiliki nominal di bawah sepuluh juta dan akan terus naik hingga menjadi seorang direktur yang biasanya digaji Rp30 juta per bulan. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp7 juta hingga Rp30 juta. 

Drafter 

Sesuai dengan namanya, drafter bertugas menciptakan gambar atau sketsa infrastruktur yang kemudian dapat dipresentasikan kepada klien. Menariknya, jika zaman dahulu seorang drafter menggambar suatu sketsa di atas kertas besar, sekarang sketsa infrastruktur dapat dibuat menggunakan AutoCAD.

Itu sebabnya, umumnya perusahaan akan mengutamakan drafter yang memiliki latar belakang pendidikan minimum D3. Hal ini dikarenakan, penggunaan AutoCAD membutuhkan kemampuan teknis yang umumnya diajarkan pada perkuliahan. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp3,8 juta hingga Rp9 juta. 
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

1 comment for "Mengenal Teknik Sipil Lebih Dekat"

  1. Makin tau ni tentang teknik sipil, khususnya tentang pengertian dan ruang lingkupnya, terima kasih atas sharingnya, sangat membantu

    ReplyDelete

Berlangganan via Email