Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Sepeda Motor Berdasarkan Suara

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Sepeda Motor Berdasarkan Suara
Secara umum, berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi dari mesin sepeda motor. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain dengan langsung mengecek mesin sepeda motor dengan membongkar langsung mesin atau hanya dengan mendengar suara mesin sepeda motor tersebut. 

Kebanyakan yang dilakukan oleh para teknisi bengkel dan masyarakat yang mengerti akan mesin sepeda motor adalah dengan mendengar langsung suara mesin sepeda motor. Hal tersebut dikarenakan lebih mudah dan cepat untuk mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada mesin sepeda motor.

Berbagai macam alat dapat digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi kerusakan mesin sepeda motor secara manual melalui suara, diantaranya adalah menggunakan stetoskop mekanik hingga menggunakan batang besi ataupun obeng yang ditempelkan langsung ke mesin sepeda motor dan ke telinga manusia.

Dari banyaknya kondisi pada mesin sepeda motor, terdapat beberapa jenis suara yang sering diidentifikasi melalui suara mesin, diantaranya adalah sebagai berikut

Mesin Sepeda Motor Normal 

Apabila kondisi mesin sepeda motor dalam keadaan normal, maka suara mesin akan terasa halus tanpa ada bunyi – bunyian yang mengganggu (noise) ketika mesin dinyalakan hingga rpm menunjuk angka 3000rpm. Tidak terdapat suara kasar yang timbul dari bergeraknya komponen-komponen dalam mesin sepeda motor.

Kerusakan Batang Piston/Stang Seher Pada Mesin Sepeda Motor

Batang piston sering juga disebut dengan setang seher, berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol. Batang piston meneruskan gerakan piston ke poros engkol, dimana gerak bolak-balik piston dalam ruang silinder diteruskan oleh batang piston menjadi gerak putaran (rotary) pada poros engkol. Ini berarti jika piston bergerak naik turun, poros engkol akan berputar.

Dalam pergerakan batang piston timbul suara yang menandakan poros engkol sedang berputar. Dalam keadaan normal suara yang timbul akan terdengar halus, namun apabila batang piston dalam keadaan longgar atau bahkan patah, maka akan muncul suara berisik pada mesin. Hal ini menandakan mesin sepeda motor dalam keadaan rusak .

Kerusakan Katup/Klep Pada Mesin Sepeda Motor 

Katup digerakkan oleh mekanisme katup, yang terdiri atas poros cam, batang penekan, pegas penutup, dan rol baut penyetel. Katup pada motor empat langkah (4 tak) terpasang pada kepala silinder. Tugas katup untuk membuka dan menutup ruang bakar. Setiap silinder dilengkapi dengan dua jenis katup (hisap dan buang).

Fungsi katup sebenarnya untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Karena proses pembakaran gas dalam silinder mesin harus berlangsung dalam ruang bakar yang tertutup rapat. Jika sampai terjadi kebocoran gas meski sedikit, maka proses pembakaran akan terganggu.

Oleh karenanya katup-katup harus tertutup rapat pada saat pembakaran gas berlangsung. Setelan katup yang sudah longgar bisa menyebabkan suara mesin sepeda motor terdengar berisik. Suara berisik akan semakin terdengar ketika putaran gas semakin ditinggikan. Selain itu, setelan katup yang lemah juga menjadi penanda kerusakan suatu mesin sepeda motor.

Kerusakan Rantai Kamprat Pada Mesin Sepeda Motor

Agar pembukaan katup-katup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar maka mekanisme pembukaan dan penutupan katup-katup tersebut digerakkan oleh putaran poros engkol.

Ada tiga macam mekanisme penggerak katup, yaitu dengan batang pendorong, roda gigi, dan rantai kamprat. Rantai kamprat sepeda motor harus dipasang dengan tegangan yang cukup.

Rantai kamprat yang terlalu tegang akan menimbulkan bunyi mendesing terutama pada putaran tinggi sedangkan rantai kamprat yang terlalu kendor akan menimbulkan suara berisik.

Jika kekencangan rantai berubah-ubah, akan berpengaruh pada putaran mesin, valve timing atau saat pengapian akan  berubah-ubah pula. Oleh sebab itu, suara berisik pada rantai kamprat dapat menunjukkan kerusakan pada mesin.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Kondisi Mesin Sepeda Motor Berdasarkan Suara "

Berlangganan via Email