Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Harian Sepeda Motor

Tips Merawat Harian Sepeda Motor
Tips Merawat Harian Sepeda Motor
- Sejak zaman dahulu orang sudah bepergian menggunakan kendaraan. Namun, tentu saja semakin majunya perkembangan zaman kendaraan semakin canggih. Termasuk yang semula hanya menggunakan pedati kini manusia sudah beralih ke sepeda motor, mobil bahkan pesawat.

Namun, salah satu kendaraan yang paling sering dijumpai adalah motor. Selain mudah karena mampu menghemat waktu, motor bisa melintasi jalanan kecil. Namun, tentu saja untuk bisa mengendarainya kita harus merawat sepeda motor agar mesinnya tetap terjaga. Terlebih saat digunakan setiap hari. Berikut ini tips merawat sepeda motor!

Merawat Harian Sepada Motor

Mengganti Oli

Merawat harian sepeda motor
dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan memeriksa bagian-bagian mesin di dalamnya. Jika kita melihat beragam mesin, pastinya salah satu faktor yang membuat motor itu lancar bergerak adalah oli.

Siapa sih yang tidak tahu oli? Merupakan pelumas yang menjadi bagian penting rantai dalam peranan bergeraknya motor. Oli diperlukan supaya dapat meminimalisir gesekan antar mesin. Otomatis pergerakan mesinnya akan lebih mudah dan menjadi tahan lama. Dengan pergerakan mesin yang tahan lama akan menjadi lebih irit.

Berbicara perihal pergantian oli, sebagai seseorang yang berkendara dan memiliki kendaraan sebaiknya pelumas diganti secara rutin. Selain supaya tidak kering, masa pergantian oli sebaiknya rutin dalam jangka waktu 2 bulan sekali. Dengan mengganti oli secara rutin, merawat harian sepeda motor Anda akan lebih tetap terjaga dan tahan lama. 

Memeriksa Arus Listrik

Siapa bilang sepeda motor tidak memerlukan daya listrik? Meski bukan termasuk sepeda motor yang dicharger dan lebih menggunakan bahan bakar bensin supaya dapat bergerak, rupanya kelistrikan sepeda motor juga perlu. Daya listrik yang dihasilkan bersumber dari aki. Aki itulah yang harus selalu diperiksa untuk mengontrol kesehatan motor.

Meskipun Anda lebih cenderung memerhatikan oli, pada dasarnya penggunaan aki juga patut diselidiki. Pasalnya penggunaan aki diharapkan selalu dalam keadaan optimal. Lantas bagaimana cara mengeceknya? Mudah saja. Anda tinggal mengontrol cairan yang ada di dalamnya. Pastinya cairan akan semakin berkurang, bukan? Maka sudah menjadi tugas Anda untuk menambahkannya supaya aki tidak kering. Itulah cara merawat harian sepeda motor.

Melakukan Service Rutin

Meskipun Anda mengendarai sepeda motor tidak setiap hari, jika memiliki kendaraan bermotor memang wajib Service. Paling tidak melakukan pengecekan kesehatan motor agar kerusakan kecil dapat diketahui. Biasanya melakukan Service motor dilakukan secara bersamaan pada saat ganti oli.
 
Tujuan Service motor tidak lain adalah supaya kendaraan Anda tetap berada dalam pantauan montir. Untuk melakukan Service itu sendiri Anda bisa melakukannya di bengkel terdekat. Jika ada keluhan pada pemakaian kendaraan motor, sampaikan saja. Dengan begitu montir akan segera mengatasinya. Merawat harian sepeda motor pun kian mudah.

Memeriksa Kadar Angin di Ban

Salah satu faktor yang membantu Anda bergerak pada saat berkendara adalah ban motornya yang berbentuk bundar. Ban motor bisa membantu kendaraan Anda bergerak karena adanya angin. Maka saran kami adalah sebelum Anda berkendara sebaiknya memeriksa ban terlebih dahulu. Pastikan pula tidak terjadi bocor halus atau ban kempis.

Jika hal seperti ini terjadi kami menyarankan Anda untuk segera melakukan pengisian angin. Pengisian angin bisa dilakukan dengan cara memompa ban motor di bengkel terdekat. So pasti kenyamanan Anda dalam berkendara sudah menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Mengapa? Karena hal ini menyangkut keselamatan Anda. Itulah beberapa merawat harian sepeda motor.

Post a Comment for "Tips Merawat Harian Sepeda Motor"